Mengenal 7 Teknik SMASH Keren dalam Olahraga Bola Voli

Permainan bola voli memang menyenangkan, apalagi jika bisa memenangkan pertandingan. Kesenangan itu akan bertambah dengan kebanggaan. Namun begitu, untuk menang perlu kekompakan tim, teknik bertahan, teknik passing, teknik umpan serta teknik serang yang baik. Umumnya kita menyerang lawan tanding dengan melakukan smash atau spike, yaitu teknik pukulan tajam dari atas net hingga bola menghunjam keras ke arah lapangan lawan dan mendapat poin nilai.

Beberapa Teknik SMASH Keren Permainan Voli
 Nah, terkait dengan pukulan smash, ada beberapa teknik pukulan smash keren yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Teknik Backcourt/Backrow

Teknik smash backcourt adalah teknik smash yang dilakukan oleh pemain belakang suatu tim voli. Sebagai pukulan serangan dari pemain belakang, maka harus dilakukan di belakang garis 3 meter. Maka untuk melakukan smash ini pemain belakang melakukannya dari wilayah tersebut sebelum menyentuh bola. Dan setelahnya, setelah melakukan pukulan smash, dia akan mendarat di depan garis 3 meter. Teknik serangan ini juga disebut sebagai teknik pipe attack.

Teknik Line and Cross-Court Shot

Selanjutnya kita akan mengenal teknik smash line dan cross-court shot. Dua teknik smash ini dibedakan oleh jatuhnya bola di lapangan lawan. Teknik line shot membuat bola menghunjam sejajar garis sampingan lapangan lawan; sedangkan serangan cross-court akan membuat bola jatuh menyilang tajam di lapangan lawan.

Teknik Double quick hit/Stack/Tandem

Teknik smash quick hit/Stack/Tandem merupakan salah satu bentuk lain dari serangan tipuan dalam permainan bola voli. Untuk melakukannya diperlukan lebih dari dua orang pemain. Pada teknik serang ini, seorang smasher diposisikan berada di depan setter, sementara itu ada seorang smasher pula di belakangnya; walau bisa pula berposisi sejajar dengan smasher yang pertama. Pada saat setter melakukan passing, keduanya akan meloncat bersamaan seolah akan melakukan smash. Namun itu hanya gerakan untuk mengecoh lawan, karena pemukul sebenarnya adalah pemain lain pada posisi keempat yang akan membuat smash dari lapangan belakang setelah blocker lawan terkecoh.

Teknik Dip/Dink/Tip/Cheat

Pukulan Dip/Dink/Tip/Cheat merupakan pukulan smash tipuan. Pada jenis pukulan serangan ini, hanya awalannya saja yang tampaknya akan melakukan gerakan smash. Namun pada saat eksekusi, bola bukannya dipukul keran, namun hanya disentuh saja ke arah daerah lawan. Gerakan yang mengejutkan demikian diharapkan membuat pemain lawan terkecoh hingga tidak bisa mengembalikan bola lagi.

Teknik Tool/Wipe/Block-abuse

Teknik Tool/Wipe/Block-abuse mirip dengan teknik Dip/Dink/Tip/Cheat, hanya saja dalam proses eksekusinya pemain melakukan pukulan lembut ke arah blocking lawan tandingnya, engan harapan bola tidak melenting kembali ke wilayah smasher sendiri, namun menantul pelan dan tetap jatuh di area lawan.

Teknik Off-speed hit

Teknik Off-speed hit merupakan salah satu teknik serangan dalam bola voli yang juga merupakan teknik smash tipuan. Saat melakukan teknik ini pemain tidak benar-benar melakukan smash keras, namun hanya membuat pukulan kecohan saja sehingga lawan terkecoh hingga bola bisa masuk lapangan lawan tanpa tertahankan dan mencetak poin angka.

Teknik Quick hit dan Slide

Teknik smash ini, seperti namanya, memang dilakukan dengan cepat. Teknik ini erupakan salah satu tekniks erangan yang sangat efektif melumpuhkan lawan. Smasher-nya adalah pemain blocker tengah. Pada pelaksanaannya, seorang setter akan memposisikan bola ke arah sedikit di atas net; sementara itu, bahkan sebelum setter menerima dan mengumpankan bolanya, smasher telah berancang-ancang melompat. Begitu pola telah berada posisinya, smasher telah pula berada pada posisinya dan melakukan pukulan.

Salah satu variasi teknik quick hit adalah teknik slide. Pada teknik ini, setter bergerak melakukan back set rendah. Kemudian blocker tengah akan bergerak dari belakang setter untuk melompat menyambut bola dengan smash cepat. Demikian adalah beberapa teknik smash keren dalam permainan bola voli. Semoga bisa berguna bagi Anda.

Related Posts

Mengenal 7 Teknik SMASH Keren dalam Olahraga Bola Voli
4/ 5
Oleh