Tips Menganalisis Lawan dalam Permainan Bola Voli

Voli adalah sebuah olahraga yang sangat terkenal di belahan dunia manapun sehingga sangat wajar, penghobby olahraga ini kian banyak jumlahnya. Hal inilah yang kemudian membuat ajang turnamen pertandingan voli semakin marak dan tak kalaah populer dengan olahraga terkenal lainnya semisal basket dan sepak bola.

Dalam bermain voli, selain skill individu pemainnya, strategi saat bertanding merupakan kunci sukses dalam meraih kemenangan. Dan salah satu strategi penting dalam olahraga ini, yang sebaiknya di lakukan adalah kemampuan menganalisa permainan dan kekuatan lawan. Dengan melakukan hal tersebut, kita jadi tahu kelemahan lawan. Dan dari kelemahan tersebut kita usahakan untuk mendapatkan peluang.

Tips menganalisis lawan dalam sebuah permainan bola voli

Beberapa hal yang perlu anda analisis adalah pola serangan dan pertahanan yang digunakan oleh lawan anda. Dalam hal ini ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :

1. Gerak-gerik Spiker

Untuk dapat menciptakan pola pertahanan yang baik maka anda harus dapat memperhatikan gerak-gerik dari spiker lawan, mulai dari pola dan timing smash hingga tinggi lompatannya. Hal ini perlu diperhatikan karena seorang spiker adalah kunci dari tercetaknya sebuah skor dalam sebuah permainan sehingga jika anda sudah dapat mengalisis pergerakan spiker tentunya anda akan dapat mem-block setiap serangan dari pihak lawan.

2. Gerak-gerik Tosser

Selanjutnya setelah anda mengamati pergerakan dari spiker lawan maka anda dapat mengamati pergerakan dari tosser lawan. Perhatikan titik kelemahan dari tiap-tiap tosser, apakah terdapat pada sisi kiri atau kanan lawan. Hal inilah yang nantinya dapat anda manfaatkan untuk melakukan serangan terpusat pada titik area yang lemah tersebut sehingga peluang untuk dapat mencetak angka pun semakin besar.

3. Blocking

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah kemampuan blocking dari pihak lawan. Lihatlah bagaimana lawan anda mem-blocking setiap serangan yang anda lancarkan, apakah mereka dapat meng-handle dengan baik atau tidak. Selanjutnya anda juga dapat memperhatikan sisi terlemah dari blocking lawan, sehingga anda dapat memanfaatkan sisi tersebut sebagai area untuk melancarkan serangan.

4. Formasi Cover

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan dari lawan anda untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan bola voli adalah dengan mengamati formasi cover dari lawan. Perhatikan cover yang diterapkan oleh pihak lawan, apakah cover jauh, dekat, atau justru tanpa cover sama sekali. Dengan demikian maka anda akan menemui titik kelemahan dari formasi yang diterapkan oleh lawan sehingga serangan dapat difokuskan pada titik tersebut.

Demikianlah ulasan seputar tips untuk menganalisis lawan dalam sebuah permainan bola voli yang dapat anda terapkan agar dapat memenangkan sebuah permainan, semoga bermanfaat, dan silahkan di terapkan.

Related Posts

Tips Menganalisis Lawan dalam Permainan Bola Voli
4/ 5
Oleh