Tips Latihan untuk Menjadi Tosser yang Hebat Dalam Permainan Bola Voli

Dari sekian banyak posisi pemain yang terdapat dalam permainan bola voli, ada satu posisi yang dianggap memiliki peran cukup penting, yaitu Tosser. Pemain dengan posisi Tosser sendiri adalah pemain yang bertugas untuk memberikan umpan kepada Spiker yang mana nantinya umpan tersebut akan dimanfaatkan untuk mencetak angka oleh Spiker sehingga umpan dari seorang Tosser harus tepat dan efisien.

Oleh karena itulah seorang Tosser harus memiliki timing yang kuat dan akurasi passing yang tepat sasaran sehingga Spiker dapat termanjakan oleh Tosser. Untuk itu disini akan dibagikan ulasan seputar tips-tips latihan untuk menjadi seorang Tosser yang hebat, berikut ulasannya:



Tips menjadi Tosser yang hebat

1. Latihan Passing

Sesuai dengan peran dari Tosser itu sendiri yang mana dituntut untuk dapa melakukan passing yang cepat dan tepat sehingga wajib rasanya bagi para Tosser untuk meningkatkan porsi latihan passing-nya, baik itu passing atas maupun passing bawah.

Kemudian untuk memaksimalkan hasil latihan itu Anda dapat menggunakan bola basket sebagai pengganti bola voli selama menjalani latihan, hal ini dikarenakan bola basket dengan bobot yang lebih berat akan meningkatkan kekuatan tangan dan jari-jari Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan tangan Anda, seperti misalnya push up ataupun pull up.

2. Latihan kecepatan

Setelah Anda melatih kemampuan passing Anda maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah melatih kecepatan gerak tubuh Anda. Hal ini perlu diperhatikan karena seorang Tosser harus dapat bergerak dengan cepat untuk meraih dan mengumpan bola sebelum bola tersebut menyentuh lantai.

Anda dapat melatih kecepatan Anda dengan beberapa cara, diantaranya seperti jogging, lari sprint, ataupun lompat tali. Dengan melakukan variasi latihan tersebut secara rutin maka tubuh Anda pun akan semakin cepat dalam bergerak sehingga mampu mamksimalkan peran Anda sebagai Tosser dalam pertandingan voli.

3. Latihan kekuatan fisik dan stamina

Selain melatih skill kecepatan Anda juga perlu untuk melatih kekuatan dari fisik dan stamina Anda. Hal ini dikarenakan seorang Tosser harus memiliki kondisi fisik dan stamina yang kuat untuk dapat bertahan dalam sebuah permainan bola voli. Selain itu hal ini juga untuk mempertahankan tingkat konsentrasi dan timing Anda sehingga mampu melakukan passing secara cermat, cepat, dan tepat.

Anda dapat melakukan latihan kekuatan fisik dan stamina dengan beberapa cara, diantaranya seperti angkat beban, push up, pull up, lompat tali, berenang, dan lari dalam intensitas rendah (jogging) ataupun intensitas tinggi (sprint).

Demikian ulasan seputar tips-tips latihan yang dapat Anda terapkan agar dapat menjadi seorang Tosser yang baik, semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Latihan untuk Menjadi Tosser yang Hebat Dalam Permainan Bola Voli
4/ 5
Oleh