Mengenal Teknik Passing Atas dan Passing Bawah Bola Voli untuk Pemula

Olah raga voli merupakan olahraga yang sangat mendunia. Sejak diciptakan oleh William G. Morgan pada 1895, Olah raga ini telah berkembang pesat hingga seperti yang kita saksikan sekarang. Voli merupakan permainan yang sederhana namun mengasyikkan: sepasang grup yang masing-masing terdiri dari 6 orang saling bertanding saling mencoba melesakkan bola ke wilayah lawan masing-masing dengan dibatasi oleh net yang tinggi.

Salah satu teknik mendasar dalam olahraga voli adalah passing. Passing adalah proses memberikan bola pada rekan satu tim untuk diolah di arena mereka sendiri sebelum digunakan untuk menyerang lawan bermain. Setiap anggota tim harus memiliki dasar teknik passing yang bagus agar bisa bermain kompak dan efektif sebagai sebuah tim. Betapapun bagus seorang pemain melakukan smash, tanpa penguasaan teknik passing yang bagus dia tidak akan menjadi pemain yang efektif.

2 Teknik Dasar Passing dalam Bola Voli yang Harus Dikuasai

Ada dua teknik dasar passing yang harus dikuasai pemain voli, yaitu passing bawah dan passing atas. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Teknik Passing Atas

Teknik dasar permainan voli passing atas bisa dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu teknik passing atas normal dan teknik passing atas setinggi muka.

Teknik passing atas normal dilakukan saat posisi bola berada di depan muka (wajah) dan di atas muka. Sementara itu teknik passing atas setinggi muka adalah saat bola berada pada posisi tepat di depan muka. Kedua teknik passing itu dilakukan dengan teknik eksekusi yang hampir sama; yang membedakan hanya terletak pada posisi bola yang berbeda.

Passing atas umumnya dilakukan pada saat akan mengoperkan bola tinggi. Lain dari pada itu, passing atas juga digunakan untuk melakukan umpan.

Set–Up atau Umpan

Secara definisi umpan adalah mengoperkan bola kepada rekan satu tim dan dilanjutkan ke pemain lain satu tim yang akan meneruskannya dalam bentuk serangan ke area lawan dengan menggunakan teknik smash. Untuk melakukan teknik ini kita perlu memenuhi beberapa syarat, yaitu:

· Bola harus melambung tinggi dengan mantap mengarah atas net;

· Selanjutnya bola harus memiliki ketinggian yang cukup optimal, sekitar 20-50 cm di atas net, sehingga rekan pemain bisa melakukan serangan ke arah area lawan main dengan pukulan smash ke arah bola.

Teknik mengumpan bola dalam permainan bola voli terbagi ke dalam empat jenis umpan:

· Umpan Normal

· Umpan Setengah Normal (Semi Set-up)

· Umpan Push (Dorongan Cepat); serta

· Umpan Pull (Umpan Cepat)

2. Teknik Dasar Passing Bawah

Teknik passing bawah dilakukan pada saat kita menerima bola pertama atau menerima serven atau smash dari pemain lawan. Ada dua cara melakukan passing bawah, yaitu:

· Teknik Passing Bawah Dengan Satu Tangan

Teknik passing bawah dengan satu tangan kita lakukan saat bola sudah berada pada posisi yang terlalu rendah. Peristiwa ini bisa terjadi pada saat lawan melakukan smash atau rekan penerima bola pertama terlalu sempurna dalam proses pengembalian bola.

Teknik Passing Bawah Dengan Satu Tangan dilakukan dengan cara:

  • Menggunakan tangan dengan posisi jari dalam keadaan tergenggam
  • Posisi badan agak membungkuk, walau terkadang kita harus dalam posisi meloncat atau melayang untuk melakukan penyelamatan bola,

· Teknik Passing Bawah dengan Dua Tangan

Teknik Passing Bawah dengan Dua Tangan biasanya dilakukan pada saat kita menerima bola servis dari lawan. Walau begitu, teknik ini juga bisa digunakan untuk menerima bola yang tidak sempurna atau bola yang terlalu rendah posisinya.

Ada beberapa gaya passing bola bawah dengan dua tangan,yaitu:

- Passing Bawah dengan Dua Tangan gaya The Dig (Clenched First Methode)

Teknik passing bola the dig dilakukan seperti seolah-olah kita menggali. Teknik dig kita lakukan dengan posisi jari-jari sejajar ibu jari, dan sering dilakukan pemain yang telah mumpuni dalam teknik passing bawah.

- Passing bawah dengan Dua Tangan gaya Thumb Over Palm Method Teknik ini dilakukan dengan menggunakan telapak tangan mengarah ke atas, sementara satu tangan bersinggungan dengan telapak tangan yang lain dalam keadaan ibu jari yang dijepit.

Related Posts

Mengenal Teknik Passing Atas dan Passing Bawah Bola Voli untuk Pemula
4/ 5
Oleh