Latihan Khusus Agar Smash Saat Voli Bisa Lebih Kuat

Salah satu teknik paling penting yang wajib dikuasai oleh para atlit bola voli adalah teknik pukulan Smash. Teknik ini sendiri sangat berfungsi apabila hendak melakukan pukulan bola voli dengan tujuan mencetak skor pada tim lawan, oleh karena itu banyak para atlit voli yang fokus untuk melatih teknik ini agar dapat menghasilkan smash yang keras dan bertenaga. Untuk dapat melakukan teknik pukulan smash dengan sempurna tentunya dibutuhkan beberapa variasi latihan yang harus dilakukan secara rutin. Latihan apa sajakah itu? Silahkan simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya:


Tips Latihan Smash Bola Voli

1. Melatih otot lengan

Untuk dapat melakukan smash yang kuat dan bertenaga maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari kekuatan otot lengan anda. Otot lengan yang kuat akan menghasilkan ayunan pukulan smash yang kuat pula, oleh karena itu anda harus melatih otot lengan secara rutin dengan beberapa variasi latihan sebagai berikut:

· Push up

Lakukan latihan push up secara rutin dengan intensitas yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh anda. Dengan melakukan push up secara rutin maka otot lengan, dada, dan bahu akan semakin kuat sehingga mampu meningkatkan performa smash voli anda.

· Bicep / tricep curl

Lakukan latihan untuk otot bicep dan tricep anda dengan gerakan sederhana seperti misalnya bicep / tricep curl dengan menggunakan dumbbell. Dengan memiliki otot bicep dan tricep yang kuat maka secara otomatis kekuatan lengan anda pun akan meningkat sehingga dapat memberi dorongan yang maksimal saat melakukan smash voli.

2. Melatih otot bahu

Selain melatih otot lengan, otot bahu juga perlu dilatih secara rutin agar memiliki bahu yang kuat dan kokoh. Hal ini sebenarnya masih berhubungan dengan otot lengan karena sendi-sendi pada lengan sendiri masih terhubung pada sendi bahu sehingga dengan semakin kuatnya bahu anda tentu dorongan pada lengan pun akan lebih maksimal.

Untuk melakukan latihan bahu ini anda dapat melakukan variasi latihan sederhana seperti misalnya pull up atau shoulder press dengan menggunakan bantuan dumbbell.

3. Melatih ‘Feel’ Timing

Setelah sebelumnya fokus melatih kekuatan dari fisik tubuh anda maka hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan pukulan smash yang powerfull adalah dengan melatih feel terhadap timing yang tepat saat hendak melakukan smash.

Lakukan lompatan sesuai dengan timing yang tepat saat bola berada pada posisi idealnya. Hal ini yang nantinya akan membuat tekanan pada bola yang dihasilkan oleh pukulan anda akan maksimal sehingga bola tersebut akan melasat lebih tajam dan kuat.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk melatih kemampuan smash anda agar menghasilkan smash yang tajam, kuat, dan powerfull.

Related Posts

Latihan Khusus Agar Smash Saat Voli Bisa Lebih Kuat
4/ 5
Oleh