Frekuensi Ideal Olahraga Dalam Seminggu

Memang benar, bahwasannya berolahraga harus dilakukan secara rutin minimal 30 menit untuk setiap harinya. Hal ini berguna untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun, meskipun demikian, olahraga setiap hari juga bukan dijadikan sebagai patokan baku, sebab sah-sah saja jika harus berolahraga dua atau pun tiga kali dalam seminggunya.
Studi terbaru tengah menyebutkan, jika frekuensi berolahraga bersifat fleksibel, hal ini tergantung pada tujuan yang akan dicapai. Di mana dalam studi yang telah dimuat dalam jurnal Applied Physiology, Metabolism, and Nutrition, ini menyebutkan, tak penting seberapa sering Anda melakukan olahraga, asalkan dalam seminggu bisa tercapai total waktu hingga 150 menit.

Analisa frekuensi ideal berolahraga
Para peneliti telah menganalisa dari 2.324 orang Kanada  dinyatakan aktif dalam berolahraga, yang mana mereka rata-rata melakukan olahraga ini minimal 150 menit dalam satu minggunya, baik olahraga dengan intensitas sedang, atau pun berat.
Sebagian orang juga telah membagi total waktu tersebut dalam lima hingga tujuh kali sesi berolahraga, sementara itu ada juga yang tengah melakukan olahraga dalam satu kali hingga empat kali dalam satu minggunya.

Dari kedua kelompok responden tersebut, masing-masing memiliki resiko sinrom metabolik, tekanan darah tinggi, obesitas, kadar gula darah tinggi, serta kolesterol tinggi.
Namun, ternyata orang yang rutin melakukan olahraga dengan total waktu sekitar 150 menit perminggunya, merupakan orang yang paling sehat. Hal ini disebabkan total waktu, intensitas, dan jenis kegiatan lebih berpengaruh buat tubuh, daripada frekuensi olahraganya.
Lalu, apakah lebih baik melakukan olahraga satu kali dengan durasi sekitar 2,5 jam, lantas dihari lain tidak perlu berolahraga? Ternyata hal ini tidak juga.

Sebab menurut ketua peneliti yang bernama Ian Janssen, sebenarnya sah-sah saja berolahraga dua atau tiga kali dalam seminggu,tapi olahraga rutin dengan durasi singkat pun juga tidak salah.
Karena dengan melakukan olahraga dalam durasi yang cukup panjang, tetapi hanya dilakukan satu atau pun dua kali dalam satu minggu, belum tentu dapat membantu kita dalam mencapai target kebugaran. Misalnya saja untuk menurunkan berat badan, serta ingin mengikuti lomba lari. Untuk tujuan yang demikian harus dilakukan secara rutin dengan durasi pendek.
Dengan mengetahui frekuensi ideal berolahraga dalam satu minggu tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan serta untuk kebugaran tubuh Anda. Sekian ulasan yang bisa kami informasikan, semoga bermanfaat.

Related Posts

Frekuensi Ideal Olahraga Dalam Seminggu
4/ 5
Oleh