3 Teknik Dasar Atletik Nomor Lari 100 Meter

Sudah tahukah Anda mengenai teknik-teknik dasar pada atletik khususnya pada nomor lari jarak 100 meter? Pada dasarnya teknik dasar pada atletik nomor lari ini, memiliki beberapa teknik yang hampir sama dengan semua cabang atletik nomor lari yang lainnya, namun yang membedakannya adalah jarak tempuh, daya tahan, dan halangan.
Pada atletik khusus nomor lari 100 meter ini, lebih cenderung akan membutuhkan sebuah kecepatan lari daripada daya tahan, sebab pada perlombaan olahraga lari 100 meter ini, tak membutuhkan waktu yang lama, melainkan hanya dengan beberapa detik saja.

Untuk itulah penting kan, bagi Anda mengenal bagaimana dan apa sajakah yang terpenting dalam atletik nomor lari ini?
3 teknik dasr lari 100 meter
Teknik dasar atletik nomor lari 100 meter
Dalam olahraga lari atau pun dalam perlombaan lari nomor 100 meter ini, dikenal dengan 3 macam start sebagai teknik dasarnya, yakni short starbunc start atau start pendek, medium start atau start menengah, dan long start atau start panjang. Tapi untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak 3 teknik dasar olahraga lari 100 meter berikut ini.

  • Start pendek (short startbunc start)

Untuk posisi start ini biasanya diukur sekitar 16 inch dari garis start, hingga dengan start depan. Ketika jongkok, lutut pada kaki bagian belakang berada dibagian depan, tepat diujung kaki yang lainnya. Dan apabila berdiri, maka ujung kaki dibagian belakang akan berada disamping tumit. Sehingga hal ini akan menghasilkan lari dengan kecepatan tinggi.

  • Start menegah (medium start)

Lain halnya dengan posisi start ini, yang diukur sekitar 21 inch dari garis start, hingga pada start depan. Ketikaberjongkok, maka lutut kaki dibagian belakang ada disamping lekukan pada telapak kaki bagian depan. Dimana nantinya start ini akan menghasilkan kecepatan yang cukup tinggi.
Sebab posisi start ini dapat mengeluarkan tenaga yang lebih besar, untuk dapat melesat dari block start, dengan menggunakan kecepatan yang lebih tinggi.

  • Start panjang (long start)

Untuk posisi start ini akan diukur sekitar 21 inch mulai garis start hingga keblock start depan, dengan jarak sekitar 26 inch diantara block. Pada saat berjongkok, lutut kaki bagian belakang ada disamping, atau segaris dengan tumit depan, dimana kedua telapak kaki saling berjauhan.
Sekian pembahasan singkat mengenai 3 teknik dasar atletik lari nomor 100 meter, semoga dapat berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan, yang tak lain tujuan utamanya adalah untuk menambah wawasan kita dalam bidang olahraga. Semoga manfaat.

Related Posts

3 Teknik Dasar Atletik Nomor Lari 100 Meter
4/ 5
Oleh