Trik atau Tehnik Melakukan Lompatan pada Volly

Advertisments
Advertisments
Dalam permainan bola Volley tentunya para atlit dituntut untuk dapat menguasai berbagai teknik yang mendukung permainan volley itu sendiri, dan salah satu teknik yang wajib dikuasai adalah teknik lompatan. Teknik lompatan ini memang sekilas nampak sederhana namun dibalik itu semua sebenarnya teknik ini cukup sulit dikuasai apabila kita jarang melatihnya. Oleh karena itu untuk dapat menguasai teknik lompatan ini dengan sempurna tentunya diperlukan latihan rutin dan dengan tambahan beberapa trik tersendiri. Apa sajakah trik tersebut? Silahkan temukan jawabannya pada ulasan berikut ini:

Trik Latihan Lompatan Bola Volley


1. Warming up

Sebelum melakukan latihan untuk meningkatkan skill lompatan anda maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah warming up atau pemanasan. Hal ini bukan hanya berfungsi untuk menghindari cidera saat latihan, namun juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sendi-sendi anda dalam melakukan teknik lompatan sehingga menghasilkan lompatan yang baik dan berkualitas.

2. Berlari

Trik kedua yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan lompatan anda adalah dengan rutin berlari, baik dalam intensitas rendah seperti jogging atau intensitas tinggi seperti sprint. Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan rutin berlari maka otot tungkai pada kaki anda akan semakin kuat dan terlatih sehingga akan sangat mempengaruhi performa lompatan anda.

3. Lompat tali

Trik ini masih berhubungan dengan trik sebelumnya yang mana ditujukan untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai pada kaki anda. Namun kali ini tidak hanya melatih tungkai saja melainkan juga melatih secara keseluruhan otot-otot yang ada pada kaki itu sendiri sehingga mampu menghasilkan lompatan yang lebih tinggi dan berkualitas.

4. Melangkah sebelum melompat

Trik selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik lompatan volley adalah dengan melangkahkan kaki sebanyak 2 sampai 3 langkah sebelum memutuskan untuk melompat. Hal ini dilakukan agar tekanan saat melompat menjadi lebih kuat sehingga mampu melompat lebih tinggi dan tegas.

5. Memperhatikan ‘Timing’

Salah satu tujuan seorang atlit volley melakukan lompatan adalah untuk dapat melancarkan smash yang kuat sehingga mampu mencetak skor. Oleh karena itu trik yang harus diterapkan selanjutnya adalah memperhatikan timing lompatan sehingga dapat sesuai dengan timing smash itu sendiri.
Pastikan bahwa anda melompat pada saat yang tepat ketika hendak melakukan smash, yaitu dengan memperhatikan posisi bola apakah sudah mendekati posisi puncak dari melambungnya bola tersebut atau belum.

6. Mendarat

Trik terakhir yang perlu diperhatikan adalah ketika mendarat setelah selesai melakukan lompatan volley itu sendiri. Hal ini sebenarnya seringkali tidak diperhatikan oleh beberapa atlit, padahal dengan melakukan pendaratan yang baik tentunya akan mengurangi resiko cidera ataupun melemahnya otot kaki yang mana dapat mengurangi performa lompatan itu sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa trik yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas lompatan bola volley, semoga bermanfaat.
Advertisments

Related Posts

Trik atau Tehnik Melakukan Lompatan pada Volly
4/ 5
Oleh