Sejarah Berdirinya PBVSI, Induk Organisasi Bola Voli Indonesia

Advertisments
Advertisments
Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau yang juga akrab disebut dengan PBVSI adalah sebuah induk dari organisasi bola voli di Indonesia yang mana berdiri pada tanggal 22 Januari 1995 di DKI Jakarta, tepatnya di Jl. Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

PBVSI sendiri awal mulanya didirikan melalui sebuah gagasan dari Ikatan Perhimpunan Voli Surabaya (IPVOS) pasca dilaksanakannya pertandingan voli pada PON tahun 1953. Saat itu Ikatan Perhimpunan Voli Surabaya merasa sangat perlu mendirikan sebuah induk organisasi untuk mengatur seluruh regulasi dari peraturan dan pertandingan bola voli. dan akhirnya pada tahun 1954 diadakan sebuah rapat kepengurusan guna membahas lebih lanjut perihal induk organisasi voli tersebut.


Saat itu IPVOS sebagai penggagas diberdirikannya induk organisasi bola voli mengajak Persatuan Voli Indonesia Djakarta (Pervid) untuk kemudian membahas bersama-sama mengenai ide yang digagas oleh IPVOS tersebut sehingga menghasilkan sejumlah keputusan. yang mana keputusan tersebut adalah:

1. IPVOS beserta Pervid setuju menjadi sebuah perintis sekaligus sponsor untuk didirikannya sebuah induk organisasi bola voli.

2. Ditunjuknya Wim J. Latumetan sebagai ketua dari induk organisasi bola voli yang akan didirikan.

3. Ditetapkannya tanggal 22 Januari 1995 untuk diadakan sebuah rapat penyusunan keanggotaan sekaligus kepengurusan dari induk organisasi bola voli yang dilaksanakan di stadion Ikada Jakarta.

4. Ditetapkannya nama PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) sebagai nama resmi dari induk organisasi bola voli Indonesia/

Selanjutnya setelah rapat kepengurusan pada tanggal 22 Januari 1955 telah selesai dilaksanakan PBVSI pun secara resmi disahkan oleh Komite Olimpiade Indonesia menjadi sebuah induk organisasi bola voli yang tertinggi di Indonesia sehingga segala hal terkait bola voli dapat dirujuk ke PBVSI untuk mendapat arahan ataupun legalitas.

Dalam masa awal kepengurusan PBVSI ini pula terdapat susunan anggota sebagai berikut:

· Ketua Umum yang dijabat oleh Wim J. Latumetan

· Wakil Ketua Umum yang dijabat oleh Erwin Baharudin

· Sekretaris & Bendahara yang dijabat oleh Suwarno

· Komisi regulasi pertandingan yang dijabat oleh Adi Wijaya

· Komisi regulasi teknis dan kepemilihan yang dijabat oleh Da Graza

· Komisarias Daerah yang dijabat oleh Kho Kuy Liong

· Adapula beberapa nama lain yang menjadi anggota, yaitu Alimudin Nasution, Coenraad, Heinz, Sumadi, Subroto, dan W. Jocom.

Selanjutnya, masih pada tahun yang sama, tepatnya yaitu di bulan Maret, PBVSI secara resmi dan legal diakui oleh Interational Volley Ball Federation atau IVFB. Yang mana IVFB ini merupakan Induk Organisasi Voli Dunia. Dengan demikian maka pereragan dari PBVSI pun mendapat sorotan dari IVFB sehingga per-volian Indonesia pun mulai dikenal dan berkembang, hingga akhirnya pada tahun 1959 PBVSI pun secara resmi menjadi anggota dari IVBF.
Advertisments

Related Posts

Sejarah Berdirinya PBVSI, Induk Organisasi Bola Voli Indonesia
4/ 5
Oleh