Seputar informasi tentang aneka ragam olahraga

Pengertian Smash dan Cara Meningkatkan Kemampuan Smash dalam Permainan Bola Voli

Dalam sebuah permainan bola voli tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Smash. Smash sendiri merupakan salah satu teknik yang memang ditujukan untuk mencetak angka pada sebuah permainan voli sehingga tak jarang banyak pemain voli yang melatih skill Smash-nya agar lebih kuat dan akurat.

Namun walau demikian smash juga tidak bisa dilatih / dilakukan secara asal-asalan, diperlukan sebuah pemahaman dari smash itu sendiri maupun teknik-teknik variasi latihannya. Oleh karena itu disini akan kami bagikan tips seputar Smash, mulai dari pengertian hingga cara untuk meningkatkan kemampuan smash anda agar menghasilkan smash yang kuat. Nah berikut ulasannya lengkapnya

  
Pengertian Smash dalam permainan bola voli

Smash adalah sebuah teknik yang ditujukan untuk menyerang pihak lawan dengan cara memukul bola sekeras mungkin dengan mengarahkannya pada titik terlemah pada area lawan sehingga bola dapat menyentuh lantai dan menghasilkan sebuah angka yang dapat mendukung berjalannya kemenangan dari sebuah tim.

Selain itu, Smash juga biasanya disebut sebagai serangan pukulan ketiga karena dalam prosesnya seringkali sebuah bola akan diumpankan terlebih dahulu oleh para tosser sebanyak 2 kali sebelum akhirnya mencapai spiker pada sentuhan ke-3 untuk kemudian di-smash.

Cara meningkatkan kemampuan / skill Smash

1. Latihan kekuatan lengan

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan / skill smash anda adalah dengan melatih kekuatan lengan yang mana pada dasarnya lengan menjadi salah satu kunci dari gerakan smash itu sendiri.
Dalam hal ini anda dapat melatih kekuatan lengan dengan beberapa variasi latihan, seperti misalnya push up untuk meningkatkan kekuatan bahu dan lengan, lalu mengangkat beban untuk meningkatkan kekuatan otot bicep dan tricep yang mana menjadi pondasi dari kekuatan lengan itu sendiri.
 
2. Latihan kecepatan gerak tubuh

Setelah anda fokus untuk melatih kekuatan lengan maka selanjutnya anda dapat melatih kecepatan gerak tubuh anda dengan beberapa variasi latihan seperti lari dengan intensitas rendah dan tinggi. Hal ini sebenarnya cukup penting untuk dilakukan smash sendiri harus dilakukan secara cepat dan tepat sehingga tubuh anda harus mampu bergerak secepat mungkin agar dapat menjangkau bola tersebut.

3. Melatih timing

Selanjutnya anda juga perlu untuk melatih timing anda saat melakukan smash. Hal ini dikarenakan dalam melakukan gerakan smash sendiri diperlukan timing yang pas agar dapat menghasilkan smash yang tepat sehingga laju bola pun menjadi cepat. Anda dapat melatih timing dengan sering-sering melakukan gerakan smash itu sendiri, cobalah untuk berlatih bersama teman anda agar latihan dapat berjalan lebih maksimal.

Demikianlah ulasan seputar pengertian dan tips untuk meningkatkan kemampuan / skill smash dalam permainan bola voli yang dapat anda terapkan, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Smash dan Cara Meningkatkan Kemampuan Smash dalam Permainan Bola Voli

0 comments:

Post a Comment