Inilah Tips Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli

Advertisments
Advertisments
Di dalam permainan bola voli, ada berbagai jenis teknik mengolah bola. Kita mengenal teknik passing, teknik serven, teknik umpan, dan teknik smash. Teknik smash (juga disebut spike) merupakan teknik yang digunakan untuk menyerang pihak lawan. Biasanya dilakukan seorang pemain voli dengan meloncat tinggi untuk memukul bola di atas net yang sebelumnya diumpankan oleh salah satu rekannya. Bola akan dipukul dengan keras menghunjam ke daerah lawan, tujuannya adalah untuk mencetak poin.

Mungkin pukulan smash tampak sama dilihat dari mata awam. Namun ada berbagai ragam teknik smash dan masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Untuk melakukan teknik smash dengan baik, seorang smasher (orang yang melakukan smash) harus memiliki kondisi fisik yang prima, memiliki kemahiran meloncat, dan memiliki kekuatan tangan yang memadai.

Beberapa Faktor Penentu Keberhasilan Smash

Ada dua faktor utama yang berpengaruh agar sebuah serangan atau smash berhasil. Kdua faktor itu adalah faktor biologis dan faktor psikologis. Adapun faktor biologis terdiri atas beberapa fakror, yaitu postur tubuh, struktur tubuh, serta kemampuan dasar tubuh (potensi tubuh). Sementara itu faktor psikologis meliputu kepribadian, kecerdasan (intelektualitas), serta singkronisasi antara saraf dan otot

Kalau sebelumnya ada faktor internal yang menentukan kesuksesan sebuah smash, maka ada pula faktor eksternal yang mendukung keberhasilan suatu smash. Faktor itu adalah pengumpanan bola pada smasher. Teknik ini bisa dilakukan dari semua posisi, seperti posisi 4,3,2, yang umum digunakan. Selain itu ada pula faktor timing (pewaktuan), yaitu ketepatan seorang smasher dalam melakukan awalan serangan, meloncat dan akhirnya membuat pukulan smash.

Beberapa Tahapan Melakukan Smash

Setelah mengetahui tujuan smash serta beberapa faktor yang bisa memperbesar kemungkinan berhasilnya, maka kita akan berlanjut untuk mengetahui beberapa tahapan melakukan smash. Ada empat tahapan yang perlu dilakukan saat melakukan smash: tahap awal, tahap meloncat, tahap memukul, dan tahap mendarat.

Tahap awal

Pada tahap ini, setelah smasher melihat umpan yang memungkinkannya melakukan penyerangan, dia akan berancang-ancang untuk meloncat setelah sebelumnya telah menentukan posisi meloncat dan mendaratnya. Selanjutnya tangan kedua tangan diayunkan untuk membuat imbangan saat meloncat, sekaligus juga bersiap-siap untuk memukul bola.

Tahap meloncat

Pada tahap ini smasher mulai meloncat. Jika dia terbiasa memakai tangan kanan saat melakukan smash, maka kaki kiri melangkah ke depan dalan jangkah biasa, dilanjutkan dengan langkah kaki kiri dengan jangkah lebih lebar yang diikuti dengan langkah kaki kiri untuk jatuh sejajar di samping kaki kanan, untuk kemudian meloncat. Jika pemain kidal, maka proses awal dilakukan bermula dari langkah kaki kanan, dilanjutkan langkah kaki kiri lebih lebar, dan diikuti kaki kanan hingga sejajar kaki kiri sebelum meloncat. Semua gerakan itu merupakan kesatuan gerakan yang cepat dan tidak terputus-putus. Selanjutkan, bersamaan dengan kaki yang meloncat, ayunkan tangan ke atas. Putar tangan yang akan memukul bola ke belakang-atas kepala hingga tubuh agak melengkung ke belakang, sementara tangan lain membuat keseimbangan.

Tahap memukul

Pada tahapan ini smasher mulai memukul bola. Proses pemukulan tergantung pada jenis smash yang digunakan, sehingga bola bisa menghunjam tajam tak terblok ke arah lapangan lawan dan mendapat poin.

Tahap pendaratan

Setelah proses smash usai, smasher mempersiapkan diri untuk mendarat dari loncatannya kembali. Pada saat mendarat, tubuh agak condong ke depan, kaki mengarah ke depan untuk membuat keseimbangan, dan smasher mendarat dengan kedua kaki agak menekuk. Demikian di atas sedikit tips tentang langkah-langkah melakukan smash pada permainan voli. Semoga bermanfaat.
Advertisments

Related Posts

Inilah Tips Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli
4/ 5
Oleh