Seputar informasi tentang aneka ragam olahraga

Sejarah Bola Voli dan Perkembangannya di Indonesia

Bola voli merupakan olahraga yang cukup populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. olahraga ini memiliki penggemar terbanyak nomer dua setelah sepak bola. Bola voli di Indonesia, memiliki perkembangan yang tentunya cukup menarik untuk dibahas terlebih bagi kita yang gemar dengan olahraga ini.
Bagi pecinta bola voli, sosok William G. Morgan tentu menjadi tokoh yang banyak dikagumi mengingat beliaulah penemu cabang olahraga menarik satu ini. Sebelum dinamakan sebagai olahraga bola voli, permainan ini diberi nama minonette yang dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan tubuh para buruh agar lebih bugar kala itu. Di tahun 1896 nama minonette berubah menjadi Volley ball supaya dapat dijadikan permainan yang dapat dipertandingkan.


Penggunaan nama Volleyball sendiri, didasarkan pada gerakan utama pada permainan yakni gerakan memukul bola sebelum jatuh ke permukaan tanah atau yang disebut dengan volley. Pada awalnya nama permainan ini dieja secara terpisah menjadi 2 kata yakni Volley ball. Untuk selanjutnya, United States Volleyball Association atau yang disingkat pula dengan USVBA memilih pengejaan nama pertandingan ini menjadi Volleyball. USVBA sendiri didirikan pada tahun 1928 dan lebih dikenal dengan USAV sekarang ini.

Sejarah berkembangnya bola voli di indonesia

Bukan hanya dikenal di luar negri, bola voli juga sangat populer di indonesia. Permainan yang satu ini mulai dikenal pada tahun 1982, ketika penjajahan Belanda tengah berlangsung. Rakyat Indonesia, mengenal adanya bola voli ketika guru- guru dari negeri Belanda datang ke negara kita dalam rangka mengembangkan olahraga umum serta voli di Indonesia.

Bukan hanya para guru pendidikan jasmani saja yang ikut andil dalam pengembangan bola voli, namun tentara belanda juga memiliki andil yang cukup besar dalam mengenalkan permainan yang satu ini. Para tentara Belanda yang bertugas kala itu, banyak melakukan pertandingan yang dilakukan di asrama- asrama ataupun pertandingan antar kompeni, yang akhirnya ditiru oleh rakyat Indonesia.
Di negara kita, bola voli tumbuh dengan pesat dan digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak heran jika kemudian ada banyak klub- klub bola voli yang muncul di kota- kota besar indonesia. Atas dasar inilah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia dibentuk pada tanggal 22 januari di tahun 1955. Pembentukan ini dilakukan bersamaan dengan pertandingan kejuaraan yang pertama.

PBVSI sendiri tergolong aktif dalam mengembangkan kegiatan entah dalam ataupun luar negri, bahkan hingga sekarang. Pertandingan bola voli di Indonesia, masuk ke dalam acara resmi yang diselenggarakan di jakarta pada tahun 1952 dalam acara PON II. Pertandingan ini juga di selenggarakan di Yogyakarta pada POM I.
Setelah penyelenggaraan usia, keberadaan klub voli makin menjamur bahkan hingga ke pelosok negeri. Bebicara mengenai prestasi, PBVSI sendiri telah mengirimkan tim bola voli junior pada pertandingan dunia yang di selenggarakan di Athena, Yunani pada tahun 1989.

Itulah secara ringkas pembahasan mengenai sejarah bola voli dan perkembangannya di indonesia, semoga dengan penjelasan diatas anda lebih faham lagi tentang sejarah bola voli.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Bola Voli dan Perkembangannya di Indonesia

0 comments:

Post a Comment