Tips Gerakan Olahraga Senam Lantai Yang Benar

Advertisments
Advertisments
Seperti yang telah kita ketahui bahwa rangkaian dalam gerakan olahraga senam harus dimulai dari komposisi beberapa gerakan yang ringan, sedang, berat, serta akrobatik, dan juga mengandung gerakan ketangkasan, keluwesan, keseimbangan, dan yang lainnya.
Sebagai contohnya adalah seorang pesenam pria tampil dalam waktu 70 detik, serta pesenam wanita tampil dengan iringan musik dalam waktu sekitar 90 detik.
Olahraga senam lantai ini akan makin menarik lagi saat sudah dikolaborasikan, atau pun dirangkai dengan indah. Dimana dalam rangkaian setiap gerakan olahraga senam lantai ini, pastinya juga diperlukan sebuah penguasaan pada setiap teknik dasar dan jenisnya.

Lantas seperti apa teknik gerakan pada olahraga  senam lantai?
Ada beberapa teknik pada setiap gerakan olahraga senam lantai yang harus Anda ketahui, misalnya saja apabila Anda akan merangkai gerakan rol depan rol belakang, lalu rol kip, maka didalam rangkaian tersebut akan tercipta sebuah kombinasi yang lebih kompleks.
Namun, untuk lebih jelasnya mengenai teknik dalam olahraga senam lantai, berikut ini ada beberapa ulasan mengenai tips melakukan gerakan olahraga senam yang benar berdasarkan jenisnya.

senam lantai

  • Gerakan guling kedepan atau forward roll

Untuk gerakan guling kebagian depan ini adalah duling yang biasanya dilakukan kebagian depan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Berdirilah tegak, dengan kedua tangan lurus disamping badan.
2. Angkat kedua tangan Anda kebagian depan, lalu bungkukkan badan, dan letakkan kedua telapak tangan Anda diatas matras.
3. Untuk siku tangan Anda, letakkan kesamping, dan masukan kepala Anda diantara dua tangan.
4. Sentuhkan bahu Anda kematras, dan bergulinglah kedepan. Kemudian lanjutkan dengan melipat kedua lutut, tarik dagu, dan bawa lutut kedada dengan posisi tangan merangkul kelutut.
5. Sikap akhir, silakan guling kedepan lalu berdiri tegak.


  • Gerakan guling kebelakang atau backward roll

Untuk mengetahui cara melakukan gerakan guling kebelakang ini yang benar adalah sebagai berikut :
1. Awalnya silakan guling kebelakang, dengan posisi jongkok dimana kedua kaki merapat dan bagian tumit diangkat.
2. Pastikan kepala tetap menunduk dan dagu merapat pada dada, serta kedua tangan Anda berada dibagian samping telinga, lalu hadapkan telapak tangan keatas
3. Kemudian jatuhkan pantat Anda kebelakang, dengan posisi badan tetap bulat.
4. Ketika punggung sudah bersentuhan dengan matras, maka kedua lutut silakan ditarik kebagian belakang kepala.
5. Dan ketika ujung kaki menyentuh matras dibelakang kepala, maka kedua telapak tangan harus menekan matras sampai tangan lurus, serta kepala bisa terangkat.
6. Ambilah sikap jongkok dengan lurus kebagian depan, pastikan sejajar dengan bahu, kemudian berdirilah.

Dengan menyimak sedikit ulasan mengenai tips olahraga senam yang benar di atas, tentunya sekarang Anda tak perlu khawatir untuk melakukan gerakan-gerakan yang ada dalam setiap olahraga senam, bukan? Sehingga Anda pun bisa mendapatkan manfaat dari olahraga senam tersebut, apabila dilakukan dengan gerakan-gerakan yang baik dan benar.
Advertisments

Related Posts

Tips Gerakan Olahraga Senam Lantai Yang Benar
4/ 5
Oleh